home Berita Keybase, Layanan Baru yang Memanfaatkan Blockchain Bitcoin

Keybase, Layanan Baru yang Memanfaatkan Blockchain Bitcoin

Blockchain terbukti menjadi platform yang banyak diadopsi untuk peningkatan teknologi khususnya di bidang keamanan informasi. Kini muncul satu lagi layanan yang menggabungkan teknologi berbagi file dengan kriptografi yang didukung oleh blockchain, yaitu Keybase. Blockchain ini akan bermanfaat untuk menyimpan informasi tentang kunci kriptografi pengguna.

Blockchain dan Berbagi File

Layanan yang masih dalam versi alpha ini menawarkan ruang sebesar 10 GB yang memungkinkan peningkatan kapasitas bagi akun premium di masa depan nantinya. Pengguna dapat berbagi data terenkripsi dengan pengguna Keybase yang lain, sehingga meningkatkan keamanan informasi tersebut. Informasi kunci yang terkait dengan data tersebut akan diselipkan ke dalam blockchain Bitcoin, sehingga dapat tersimpan dengan baik. Dengan demikian, informasi tersebut tidak akan dapat diubah siapapun dan dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  Microsoft Azure Umumkan Kerjasama Dengan R3 CEV

Keybase.io

Keybase didirikan oleh Chris Coyne dan Maxwell Krohn pada taun 2014. Layanan ini telah memperoleh dana pengembangan sebesar US$10 juta atas penjualan saham Series A tahun lalu. Saat ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan enkripsi, dekripsi, dan saling berbagi data di antara pengguna Keybase yang dapat juga dihubungkan dengan Twitter dan Github. Meski saat ini Keybase belum memiliki model bisnis untuk memperoleh keuntungan, namun mereka tidak berencana untuk menampilkan iklan maupun menjual data.

 

Sumber: Keybase: File Sharing with Bitcoin Blockchain Encryption

Sumber gambar: hadilaksono.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: