home Ethereum Plutus, Metode Pembayaran Berbasis NFC yang Mendukung Bitcoin

Plutus, Metode Pembayaran Berbasis NFC yang Mendukung Bitcoin

Bisnis teknologi finansial semakin berkembang dengan adanya cryptocurrency. Plutus merupakan layanan baru yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran Bitcoin melalui teknologi NFC (Near Field Communication) yang serupa dengan Apple Pay dan Android Pay. Dengan menggunakan NFC, konsumen tidak perlu mengeluarkan kartu untuk membayar, melainkan cukup menggunakan ponsel mereka. Tentu saja hal ini akan mempermudah mereka melakukan pembayaran atas barang maupun jasa yang mereka beli.

Ethereum dan Dex

Plutus memanfaatkan teknologi smart contract dari Ethereum untuk menyusun PlutusDex Platform. Platform ini memungkinkan pertukaran Bitcoin dengan uang lokal dengan mudah. PlutusDex akan mempermudah pengguna untuk melakukan konversi dari Bitcoin menjadi uang lokal dengan melakukan pertukaran melalui pasar Dex. Dengan mekanisme demikian, maka akan mempermudah baik dari sisi pengguna maupun dari sisi vendor, karena vendor tidak perlu repot-repot menukar Bitcoin yang mereka terima dengan uang lokal. Pula, Plutus memungkinkan peningkatan pangsa pasar Bitcoin tanpa menambah problem karena menjembatani vendor-vendor yang belum memiliki infrastruktur Bitcoin.

Baca Juga:  Khianati Blockchain, Ethereum Rencanakan Hardfork untuk Kembalikan Dana yang Dihack

Selama terdapat terminal NFC, maka Plutus dapat digunakan untuk membayar menggunakan bitcoin.Permasalahan yang mungkin terjadi adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk konfirmasi transaksi Bitcoin. Untuk menghindari permasalahan ini, disarankan untuk melakukan deposit sebelum transaksi dilakukan. Dengan demikian tidak akan terjadi delay.

Cashback

Setiap transaksi yang dilakukan melalui Plutus akan mendapatkan cashback berupa token yang disebut Plutons. Plutons ini bisa digunakan pada deposit berikutnya. Besaran cashback saat ini sebesar 3%, namun akan menurun seiring meningkatnya jumlah transaksi. Namun jangan khawatir, karena akan selalu ada Plutons yang dibagikan, setidaknya sebesar 1% dari nilai transaksi. Perkembangan berikutnya akan memfokuskan pada fitur escrow untuk memberikan jaminan bagi pembeli dan penjual.

Baca Juga:  Penyerang DAO: Ethereum Akan Pulih

 

Sumber: Plutus: Bitcoin’s ‘Apple Pay’ App with Ethereum Smart Contracts & Rebates

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: