home Bitcoin Hello Bitcoin!

Hello Bitcoin!

Halo Bitcoin!

Sebagai artikel pertama, mari kita berkenalan dengan Bitcoin.

Bitcoin merupakan pionir dalam bidang cryptocurrency. Cryptocurrency adalah istilah bagi jenis uang digital yang dibangun menggunakan dasar-dasar ilmu kriptografi. Bitcoin merupakan jenis uang yang independen dan terdesentralisasi. Artinya, di dalam sistem Bitcoin tidak dikenal organisasi seperti perbankan yang menjadi perantara transaksi keuangan, dan juga tidak dikenal adanya bank sentral yang mengatur peredaran uang.

bitcoin
Logo Bitcoin. Sumber : bitcoin.org

Dalam operasional Bitcoin dikenal adanya jaringan peer-to-peer, yakni jaringan yang tidak memiliki otoritas pengatur lalu lintas informasi. Jaringan peer-to-peer tersusun atas komputer-komputer yang terhubung satu sama lain dan memiliki kedudukan yang sama di antara mereka, di mana tidak ada yang khusus berfungsi sebagai server maupun client, karena semua dapat berperan sebagai server sekaligus client dalam satu waktu.

Baca Juga:  Plus Minus Demokrasi Bitcoin

Bitcoin juga merupakan proyek dengan kode sumber terbuka (open source), di mana semua orang yang memiliki keahlian dapat berkontribusi terhadap komunitas Bitcoin dengan ikut menjadi pengembang perangkat lunak Bitcoin. Semua orang juga bisa melakukan audit terhadap kode sumber, sehingga tingkat keamanan dapat dijamin dengan lebih baik.

 

Untuk mulai menggunakan Bitcoin, caranya sangat mudah. Semua orang bisa ikut mengambil bagian dalam sistem Bitcoin hanya dengan menggunakan software (perangkat lunak) yang disebut dengan Bitcoin wallet (dompet Bitcoin). Bitcoin wallet memiliki bentuk yang bermacam-macam, yaitu berbasis desktop, berbasis web, maupun berbasis smartphone. Saat ini telah tersedia Bitcoin wallet dalam berbagai platform, sehingga mempermudah pengguna untuk berkecimpung dalam dunia Bitcoin.

Baca Juga:  Memahami Kerasnya Lingkungan Bitcoin

Berikut ini klip singkat untuk memperkenalkan Anda pada Bitcoin.

 

 

Sumber gambar: bloomberg.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: