. . .

Kepopuleran Ethereum ternyata berdampak besar pada gamer. Bagaimana tidak, setiap kali kartu grafis terbaru muncul di pasaran, selalu saja ludes dibeli penambang Ethereum. Keuntungan yang diraup para penambang ini membuat kartu grafis paling baru selalu langka, yang tentu saja sangat menjengkelkan para gamer yang hendak bermain game AAA dengan kualitas terbaik.

NVIDIA sebagai salah satu produsen kartu grafis terbesar dunia sebenarnya diuntungkan dengan penambang Ethereum, karena produknya selalu laris dibeli. Namun demikian, pada rilis kartu grafis terakhir mereka, RTX 3060, mereka memutuskan untuk menurunkan performa kartu saat digunakan untuk aktivitas menambang. Artinya, kartu grafis ini memang murni didesain untuk menyasar para gamer.

Tukang oprek kartu grafis ternyata tidak tinggal diam. Tomshardware melaporkan bahwa hanya dengan perangkat seharga enam dolar, penambang bisa “mengakali” kartu grafis tersebut agar mengeluarkan performa terbaiknya dalam melakukan penambangan Ethereum. Karuan saja, setiap kartu akan memberikan 48MH/s.

Kenapa ini terjadi? Karena NVIDIA secara tidak sengaja merilis driver beta yang bisa melangkahi pembatas kinerja (limiter) yang sengaja dipasang NVIDIA. Lalu ada dua syarat lain yang harus dipenuhi agar kartu grafis tersebut berkinerja maksimal saat menambang, yakni layar monitor dan PCIE3.0 x8.

Setiap kartu harus dipasangi satu layar monitor. Tetapi ternyata, kartu tersebut tidak mendeteksi apakah layar monitor tersebut asli atau palsu. Akibatnya, pengguna bisa memasang dummy plug bertipe HDMI yang dijual seharga enam dolar AS di pasaran.

Untuk masalah PCIE3.0 x8, seorang pengguna telah mengkonfirmasi bahwa motherboard Gigabyte G1.Sniper 5 atau Maximus VI Extreme bisa dipakai. Kedua motherboard ini punya empat PCIE3.0 x16, yang artinya bisa memfasilitasi empat kartu grafis RTX 3060. Untuk menambah ruang pendinginan, kabel riser PCIE3.0 x16 bisa dipakai.

Meski trik di atas bisa dipakai, namun terlihat bahwa trik ini hanya bisa menampung empat kartu grafis saja. Untuk membuat mining rig dengan lima atau lebih kartu, masih diperlukan waktu untuk mencari trik-trik baru agar pembatasan NVIDIA bisa diakali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.