home Ardor Ardor, The Next Generation of Nxt

Ardor, The Next Generation of Nxt

Maafkan judulnya yang berbahasa Inggris, saya tidak tahan godaan menggunakan pun (yang cuma cocok kalau dibahasa-Inggris-kan).

Sebelumnya telah dibahas tentang Nxt, sebuah platform mata uang kripto yang memiliki fitur-fitur ekstra dibandingkan dengan Bitcoin yang hanya memiliki fungsi dasar transaksi nilai antara satu orang dengan lainnya. Dalam Nxt terdapat fitur bawaan yang memungkinkan orang melakukan perdagangan aset virtual. Sebagai contoh aset virtual yang diterbitkan dalam platform Nxt tentu saja Ardor.

Sebelum platform utama Ardor diciptakan, terlebih dahulu Jelurida mengadakan ICO untuk mendanai proyek Ardor ini (dengan Ignis menjadi insentif tambahan bagi para pemegang Nxt). Nah, serupa dengan token-token yang dibuat dalam platform Ethereum, token Ardor ada di dalam Nxt, dengan nomor aset 12422608354438203866. Token Ardor dalam Nxt merupakan token sementara yang akan ditukar dengan koin Ardor begitu platform tersebut siap.

Baca Juga:  ENISA Terbitkan Laporan Blockchain dan Cyber Security

Keistimewaan Ardor dibandingkan dengan Nxt adalah kemampuannya untuk diperluas. Child chains dapat dibuat dengan menggunakan platform Ardor, sehingga menciptakan ekosistem blockchain-as-a-service. Dengan tipe layanan seperti ini, para pengembang tidak perlu lagi membuat blockchain mereka sendiri, melainkan cukup memfokuskan diri pada pengembangan platform di atas child chain khusus yang didesain untuk kepentingan si pengembang, dan produk akhir akan dapat diciptakan dengan lebih cepat dan efisien. Ignis merupakan salah satu contoh child chain yang dibuat dengan menggunakan platform Ardor.

Lior Yaffe, co-founder Jelurida, 2 minggu lalu telah mengeluarkan pernyataan terkait update proyek Ardor, sejauh mana proyek ini telah berjalan. Airdrop Ignis telah dilakukan berdasarkan snapshot di blok 1636363 Nxt, di mana pemegang Nxt di blok tersebut akan memperoleh 0,5 Ignis setiap 1 Nxt yang dimilikinya (1:0,5). Hal inilah yang menyebabkan harga Nxt sempat melambung tinggi beberapa waktu lalu. Blok genesis Ardor telah berhasil dibuat pada 1 Januari 2018, tepat pukul 00:00:00 UTC. Peluncuran Ardor sempat tersendat dengan beberapa masalah di antaranya bug dan fork yang tidak diharapkan, namun semuanya telah dapat diatasi.

Baca Juga:  Pemerintah AS Tertarik Gunakan Blockchain dalam Solusi Cybersecurity

Platform Ardor telah diluncurkan dan berjalan baik hingga saat ini. Berikut adalah daftar situs yang terkait dengan platform Ardor.

Bagi pengguna yang familiar dengan platform Nxt tentu tidak kesulitan dengan Ardor karena memiliki antarmuka yang hampir sama.

Sementara itu, pihak Jelurida masih berusaha untuk berkoordinasi dengan pasar mata uang kripto agar Ardor dan Ignis dapat diperdagangkan. Menurut informasi yang disediakan Coinmarketcap.com, koin Ardor tersedia di pasar-pasar berikut ini (daftar bisa terus bertambah):

  • Upbit
  • Bittrex
  • Hitbtc
  • Poloniex
  • AEX
  • Litebit

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

One thought on “Ardor, The Next Generation of Nxt

Leave a Reply

%d bloggers like this: