home Berita Microsoft Office Ciptakan Add-in Sertifikasi Dokumen Berbasis Bitcoin dan Ethereum

Microsoft Office Ciptakan Add-in Sertifikasi Dokumen Berbasis Bitcoin dan Ethereum

Microsoft telah menciptakan sebuah add-in untuk produk mereka Microsoft Office yang memanfaatkan layanan Stampery untuk verifikasi dan sertifikasi dokumen elektronik berbasis blockchain milik Bitcoin dan Ethereum. Langkah ini diyakini dapat meningkatkan basis konsumen. Add-in ini memanfaatkan API milik Stampery untuk memudahkan integrasi dengan aplikasi lain. Stampery memanfaatkan teknologi blockchain untuk penyimpanan bukti elektronik yang diperoleh melalui teknik kriptografi atas sebuah dokumen, sehingga bukti yang disimpan dalam blockchain tersebut dapat disimpan secara permanen.

Sebenarnya siapapun dapat membuat aplikasi yang membubuhkan nilai hash atas dokumen elektronik ke dalam blockchain. Namun API milik Stampery akan mempermudah pengguna sebab tidak perlu berpindah aplikasi dalam melakukan sertifikasi. Nilai hash yang disimpan ke dalam blockchain kemudian akan menjadi bukti bahwa dokumen tersebut diciptakan pada waktu yang ditunjukkan oleh transaksi yang terverifikasi ke dalam sebuah blok.

Baca Juga:  Mata Uang Digital Zcash Tawarkan Anonimitas dan Privasi Total

Langkah ini merupakan kemajuan bagi sistem notarisasi elektronik yang tidak memerlukan kehadiran manusia ataupun pihak ketiga, sehingga otomasi proses ini diyakini dapat meningkatkan performa kerja.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: