home Berita Ledger, Jurnal Blockchain Pertama di Dunia

Ledger, Jurnal Blockchain Pertama di Dunia

Teknologi blockchain memang sedang mengalami perkembangan yang pesat saat ini. Selain cryptocurrency baru yang bermunculan tiap hari, riset pemanfaatan blockchain untuk kepentingan lain juga terus dilakukan oleh komunitas, konsorsium, maupun lembaga-lembaga privat. Hanya saja kebanyakan riset tersebut tidak diterbitkan dalam jurnal ilmiah seperti layaknya bidang sains yang lain. Hal ini jugalah yang menimbulkan persoalan tersendiri saat melakukan riset, oleh karena sumber informasi biasanya hanya dari whitepaper, situs web atau bahkan dari forum-forum tidak resmi.

Ledger, itulah nama yang dipilih oleh Universitas Pittsburgh untuk jurnal baru yang khusus menbahas tema blockchain. Jurnal ini diinisiasi oleh Chris Wilmer, seorang asisten profesor di jurusan kimia universitas tersebut, yang sangat berminat dengan penelitian bertopik blockchain. Dengan adanya jurnal yang di-peer-review, diharapkan perkembangan teknologi blockchain dapat diakselerasi.

Baca Juga:  Royal Bank of Canada Umumkan Ujicoba Dengan Ripple

Blockchain atau disebut juga digital ledger technology (DLT) digadang-gadang menjadi salah satu teknologi unggulan di masa depan. DLT diharapkan dapat mengubah prosedur kerja berbagai lini bisnis, dari keuangan hingga hukum. Jurnal Ledger akan didanai oleh Universitas Pittsburgh dan menerima donasi dalam dolar AS maupun bitcoin.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: