home Berita ViaBTC Kontra Bitcoin SegWit

ViaBTC Kontra Bitcoin SegWit

Pendiri Via BTC, Haipo Yang, akhirnya buka suara soal rencana peluncuran SegWit (Seggregated Witness) oleh Bitcoin Core (BC). Menurutnya, kebanyakan penambang asal China yang menguasai mayoritas pangsa pasar penambangan Bitcoin di seluruh dunia, tidak menyukai ide SegWit dan lebih memilih untuk mendukung Bitcoin Unlimited (BU). Pendapat ini disampaikan dalam sebuah sesi Ask Me Anything (AMA) di forum Reddit.

SegWit merupakan solusi yang ditawarkan oleh pengembang BC tanpa harus meningkatkan ukuran blok Bitcoin saat ini yang terbatas pada ukuran 1MB. Sementara ukuran blok tidak ditambah, SegWit akan menaruh data-data tambahan ke tempat lain. Dengan SegWit, pengembangan script Bitcoin bisa dilakukan lebih jauh sehingga nantinya fungsionalitas Bitcoin akan meluas tanpa harus mengganggu sistem utama. Yang berbendapat bahwa SegWit justru akan mengubah protokol Bitcoin sampai ke akarnya. Inilah yang coba dipertahankan oleh Yang dan banyak penambang China lainnya.

Baca Juga:  Industri Finansial Rusia Bentuk Konsorsium Blockchain

Sebagai alternatif dari BC, BU dikembangkan untuk meningkatkan ukuran blok secara bertahap, mulai dari 2MB hingga tak terhingga sesuai kesepakatan penambang. Dengan BU, nantinya bisa terjadi hard fork berkali-kali sesuai kebutuhan saat itu. Saat ini sudah beberapa penambang yang telah beralih ke BU, namun belum mencapai ke titik di mana hard fork harus dilakukan.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: