home Zcash Zcash, Cryptocurrency Anonim Berbasis Zero Knowledge Proof

Zcash, Cryptocurrency Anonim Berbasis Zero Knowledge Proof

Zcash menjadi salah satu trending topic di dunia cryptocurrency belakangan ini. Tidak hanya dari sisi teknis, namun juga volume perdagangan yang melesat naik melambungkan harga koin ini menjadi $498 per koin, saat Bitcoin berharga $706. Bahkan beberapa hari setelah diluncurkan, Zcash berharga hampir 2 kali lipat BTC.

Zcash merupakan pendekatan baru terhadap problematika anonimitas yang terdapat pada cryptocurrency, terutama Bitcoin. Seperti yang telah kita ketahui, Bitcoin hanya memiliki karakteristik semi anonim, di mana beberapa teknik analisis bisa digunakan untuk membuka sebagian informasi terkait identitas pengguna BTC. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, Zcash menggunakan teknik yang terlebih dahulu dikembangkan oleh tim Zerocash. Teknik ini terkait dengan zero-knowledge proof, yaitu metode di mana seseorang bisa membuktikan bahwa ia memiliki data tertentu tanpa harus menginformasikan data tersebut kepada orang lain. Zerocoin kemudian memformulasikan teknik serupa ke dalam protokol yang disebut dengan zk-Snarks. Konsep-konsep inilah yang kemudian dilebur menjadi 1 proyek saja, yaitu Zcash.

Baca Juga:  Analisis Fundamental Cryptocurrency

Dengan isu anonimitas yang semakin panas, tampaknya Zcash akan menarik minat banyak pengguna di masa depan, namun tentu saja pergerakan pasar koin ini patut disimak, sebab tren menunjukkan penurunan harga yang sangat signifikan dibandingkan saat pertama kali dipublikasikan. Diperlukan waktu untuk membuktikan apakah Zcash menjadi solusi ampuh bagi persoalan anonimitas dan menjadi “The next Bitcoin” ataukah tenggelam dan hilang seperti ratusan cryptocurrency yang pernah ada.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: