home Berita Investasi Bitcoin Paling Menguntungkan di Dunia

Investasi Bitcoin Paling Menguntungkan di Dunia

Para analis investasi Money Morning telah menobatkan Bitcoin sebagai instrumen investasi paling menguntungkan di dunia, mengalahkan beberapa instrumen lain seperti saham dan properti. Menurut para analis tersebut, investasi dalam bentuk bitcoin dapat menghasilkan 82%. Ada beberapa alasan mengapa bitcoin bukanlah primadona bagi para investor. Pertama, bitcoin tidak memiliki bentuk fisik. Seluruh sistem bitcoin berbentuk elektronik, sehingga mengurangi tingkat kepercayaan investor untuk menaruh uangnya di sana. Kedua, bitcoin memiliki tingkat volatilitas tinggi. Pada 2013, bitcoin berharga $1200 per bitcoin, namun setahun kemudian nilainya jatuh hingga $200. Harga bitcoin kembali meningkat tajam sejak Mei 2016, dari $450 menjadi $775 sebelum menurun ke $560 pada 23 Juni. Kini, bitcoin diperdagangkan di kisaran harga $650.

Baca Juga:  Rencana Bitcoin Group Memasuki Pasar Saham Tertunda

Referendum Brexit menjadi salah satu penanda bitcoin sebagai salah satu instrumen lindung nilai dengan lonjakan transaksi yang tajam setelah masyarakat Inggris memilih untuk keluar dari zona Uni Eropa. Alat lindung nilai biasa digunakan oleh mereka yang memiliki aset besar untuk menghindari penurunan nilai aset. Saat nilai mata uang poundsterling menurun tajam, harga instrumen lindung nilai termasuk emas dan bitcoin justru meningkat.

Analis investasi Money Morning menyebutkan, CAGR (compound annual growth rate) digunakan untuk menganalisis instrumen investasi dengan tingkat volatilitas tinggi seperti bitcoin. Dengan menggunakan metode CAGR, para analis menemukan bahwa bitcoin memiliki imbal hasil sebesar 82% atas investasi pada tahun 2013. Sementara itu, dalam rentang waktu yang sama, investasi di dalam saham hanya menghasilkan 8%, sepersepuluh dari hasil investasi bitcoin. Sedangkan investasi properti hanya menambah 5% dana investor. Emas yang nilainya meningkat selama referendum Brexit pun hanya menghasilkan tak lebih dari 2%.

Baca Juga:  Mengapa Bitcoin Memiliki Nilai?

Atas hasil investasi ini tentu saja disarankan agar investor menyisihkan sebagian dana investasinya ke bitcoin. Namun demikian, perlu juga diketahui bahwa investasi terhadap bitcoin sangat berisiko, dengan potensi kerugian hingga 100%.

 

Sumber gambar: canoe.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

One thought on “Investasi Bitcoin Paling Menguntungkan di Dunia

Leave a Reply

%d bloggers like this: