. . .

Swedia Segera Ujicoba Sistem Registrasi Properti

Swedia mungkin akan menjadi negara pertama dengan implementasi sistem blockchain dalam perekaman informasi properti. Sistem ini dikembangkan oleh gabungan perusahaan ChromaWay, Kairos Future, dan penyedia layanan komunikasi Telia. Sistem ini sedang diujicoba oleh The Swedish Land Registry (semacam badan pertanahan di Swedia). Blockchain memungkinkan penggantian sistem yang kompleks menjadi basis data tunggal yang lebih sederhana.

Sistem ini bekerja sebagai berikut. Penjual dan pembeli, ketika sepakat mengadakan transaksi dan membuat kontrak, maka kontrak tersebut akan direkam ke dalam sistem. Rekaman kontrak beserta proses jual beli properti tersebut dapat dilihat oleh pihak-pihak lain seperti bank dan pemerintah. Sistem ini akan mempersingkat proses yang tadinya memakan waktu berbulan-bulan. Meskipun sistem ini lebih sederhana dibandingkan sistem yang telah ada, namun tingkat keamanannya dapat terjamin.

Baca Juga:  Ketika Jaringan Visa Terganggu, Saatnya Beralih ke Blockchain?

Sistem yang sedang dalam tahap ujicoba ini diharapkan selesai dalam beberapa bulan mendatang. Kita akan melihat apakah sistem ini mampu menjawab tantangan zaman yang memerlukan peningkatan kecepatan dan efisiensi dalam melakukan aktivitas.

 

Sumber gambar: collaborative.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: