home Berita Diujicoba: CAD-Coin, Cryptocurrency Terbitan Bank of Canada

Diujicoba: CAD-Coin, Cryptocurrency Terbitan Bank of Canada

Cryptocurrency tidak hanya eksklusif milik komunitas. Buktinya, Bank of Canada telah mengujicoba CAD-Coin, metode pembayaran antarbank yang berbasis blockchain, teknologi yang sama dengan yang digunakan pada Bitcoin. Carolyn Wilkins, deputi senior Bank of Canada mengatakan bahwa CAD-Coin yang sedang diujicobakan ini masih dalam tahap pembelajaran, untuk mengetahui lebih jauh pemanfaatan teknologi blockchain.

Ujicoba ini berfokus pada transaksi antarbank yang biasa terjadi melalui bank sentral. Mereka berhasil menemukan beberapa masalah utama yang mungkin terjadi atas sistem ini. Wilkins juga menekankan bahwa mereka belum berencana untuk menerbitkan koin tersebut untuk publik. Ujicoba dilakukan di dalam sebuah jaringan blockchain tertutup yang hanya dapat diakses oleh institusi finansial yang dibentuk oleh bank sentral tersebut.

Baca Juga:  Keybase, Layanan Baru yang Memanfaatkan Blockchain Bitcoin

CAD-Coin diluncurkan sehari sebelum rencana pidato gubernur Bank of England, Mark Carney, yang akhirnya dibatalkan. Pidato ini diharapkan membawa kebijakan baru terhadap teknologi keuangan berbasis blockchain. Pidato ini dibatalkan setelah terjadi pembunuhan anggota parlemen Inggris, Jo Cox.

 

Sumber: Only a Test: Bank of Canada Comments on CAD-Coin Trial

Sumber gambar: coindesk.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: