home Berita Pebisnis Ragukan Bitcoin Akan Jadi Alat Pembayaran di Masa Depan

Pebisnis Ragukan Bitcoin Akan Jadi Alat Pembayaran di Masa Depan

Bitcoin terus mendapat perhatian dari banyak pihak. Berbagai riset dan penelitian mengenai Bitcoin terus dilakukan untuk mengukur masa depan Bitcoin dalam dunia finansial. Meskipun banyak yang memperkirakan potensi Bitcoin menjadi alat pembayaran global, namun salah satu penelitian terbaru dari Smith & William Enterprise justru mengatakan sebaliknya. Lebih dari 60% responden survey yang digelar menyatakan bahwa dalam 5 tahun terakhir Bitcoin belum mampu mengubah wajah keuangan tradisional dan mata uang fiat. Para pemimpin bisnis juga menyatakan pendapat mereka bahwa Bitcoin mungkin tidak akan menjadi metode pembayaran global di masa depan.

Fergus Caheny, salah satu mitra Smith & William Enterprise mengatakan bahwa meskipun Bitcoin digadang-gadang akan memiliki masa depan cerah, namun reputasi Bitcoin yang kurang bagus beberapa tahun lalu memberi dampak yang kurang menggembirakan. Responden yang terlibat dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa Bitcoin masih akan tetap mendapat porsi di dalam dunia finansial di masa depan meskipun mungkin tidak akan menjadi metode pembayaran utama. Adopsi Bitcoin untuk menjadi alat pembayaran masa depan dapat terjadi jika institusi-institusi besar dunia menyatakan dukungannya pada Bitcoin.

Baca Juga:  Bitcoin Smart Contract untuk Transfer Kepemilikan Alamat Domain

Bitcoin sendiri terus mengalami peningkatan jumlah adopsi. Saat ini diperkirakan sejumlah 100 ribu vendor telah menerima bitcoin sebagai alat pembayaran produk-produk mereka, termasuk di antaranya Microsoft dan Steam. Penelitian besar-besaran terhadap blockchain, yakni teknologi yang menjadi tulang punggung Bitcoin, telah dilakukan dan melibatkan perusahaan-perusahaan multinasional. Blockchain sendiri diminati kalangan industri maupun pemerintahan untuk menciptakan pendekatan baru dalam memecahkan berbagai persoalan seperti pencatatan identitas dan metode pembayaran yang lebih efisien.

Meskipun penelitian yang digelar ini terdengar kurang menggembirakan bagi para pendukung Bitcoin, namun optimisme masih disuarakan oleh Oliver Carding dari CoinJournal. Ia mengatakan bahwa investasi besar-besaran terhadap Bitcoin dan blockchain pada 2016 menjadi petunjuk bahwa teknologi ini dapat mendulang kesuksesan di masa depan.

Baca Juga:  Di Kanada, Beli Bitcoin Bisa di Toko Ritel

 

Sumber: Business leaders believe bitcoin will “fail to become a widely accepted method of payment”

Sumber gambar: cryptocables.com

 

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: