home Berita Bitcrime, Konsorsium Riset untuk Cegah Aktivitas Kriminalitas Berbasis Bitcoin

Bitcrime, Konsorsium Riset untuk Cegah Aktivitas Kriminalitas Berbasis Bitcoin

Bitcrime merupakan lembaga baru yang dibentuk oleh pemerintah Jerman dan Austria. Lembaga ini memiliki tujuan untuk membantu pemerintah dalam merumuskan regulasi terkait mata uang virtual seperti Bitcoin. Bitcoin sendiri merupakan mata uang yang independen tanpa memerlukan lembaga perbankan atau sejenisnya dalam menjalankan sistemnya. Dengan demikian, metode Bitcoin dapat digunakan untuk menghindari peraturan-peraturan tradisional yang ditetapkan pemerintah.

Bitcrime sendiri selain didukung kementerian keuangan kedua negara, juga didukung oleh Universitas Munster, Jerman. Salah satu petingginya, Prof. Dr. Rainer Bohme bersama Malte Moser dan Dominic Breuker pernah merilis penelitian yang berjudul “An inquiry into money laundering tools in the Bitcoin ecosystem” yang dirilis dalam konferensi eCrime Researchers Summit (eCRS) tahun 2013.

Baca Juga:  Jepang Akan Kenakan Pajak Pada Transaksi Bitcoin

Terdapat 2 subproyek di dalam Bitcrime, yakni subproyek Jerman dengan alokasi dana 1,8 juta euro dan subproyek Austria dengan alokasi 635 ribu euro. Subproyek Jerman berfokus pada perumusan regulasi untuk mencegah kriminalitas dan melindungi pengguna, serta mengidentifikasi karakteristik umum dari transaksi-transaksi ilegal. Sementara itu subproyek Austria berfokus pada analisis pola transaksi finansial aktivitas kriminal dan penelitian mendalam tentang Darknet.

 

Sumber: Flyer Bitcrime

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: