home AltCoin, Berita, Zcash Mata Uang Digital Zcash Tawarkan Anonimitas dan Privasi Total

Mata Uang Digital Zcash Tawarkan Anonimitas dan Privasi Total

Zcash! Pencipta mata uang digital baru ini menyatakan mereka akan menggunakan algoritma matematika untuk memastikan bahwa pengguna dapat memastikan bahwa penggunanya dapat mengenkripsi transaksi dan jumlah yang ditransaksikan. Sementara mata uang digital seperti Bitcoin dikenal karena pseudo-anonimitas nya, di mana orang masih dapat melacak transaksi di dalam blockchain Bitcoin. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui siapa pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi dan berapa jumlah yang ditransaksikan.

Pengembangan Zcash

Dalam usaha untuk menyediakan layanan yang benar-benar anonim, para pencipta Zcash mengatakan bahwa identifikasi pengguna akan mustahil dilakukan di dalam Zcash. Saat ini, Zcash sedang berada dalam tahap pra-rilis alpha. Zcash sendiri dibangun atas dasar algoritma kriptografi yang disebut zero-knowledge proof. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk membuktikan bahwa mereka memiliki uang tanpa menunjukkan identitas atau berapa uang yang akan mereka transaksikan. Dengan demikian, pengguna akan memiliki kontrol yang lebih besar tentang privasi dalam transaksi digital.

Baca Juga:  Problematika Investasi Bitcoin

Pada tahun 2014, pendiri Zcash Zooko Wilcox mengajukan proposal dalam tulisan akademisnya. Namun hingga saat ini, masih banyak yang harus dikerjakan sebelum Zcash siap untuk diluncurkan. Untuk lebih meyakinkan masa depan Zcash, Wilcox mengatakan dalam sebuah forum bahwa tim Zcash berharap bahwa mereka akan meluncurkan versi penuh pada bulan Juli. Sebelum itu, para pengguna dapat mencoba jaringan testnet dengan koin yang belum ada nilainya.

Pilihan masa depan

Wilcox juga mengatakan bahwa sistem privasi dalam Zcash menjadikan Zcash pilihan ideal institusi keuangan dan konsumen dibandingkan mata uang digital lainnya. Sementara, mata uang AltCoin lain menyatakan bahwa mereka telah meningkatkan anonimitas menggunakan prosedur CryptoNote yang mendukung “ring signature”, yakni tipe tanda tangan elektronik yang secara matematis tidak mungkin diketahui pengguna mana yang melakukan transaksi. Mata uang digital Dash juga mengklaim bahwa mereka menyediakan fitur anonimitas dengan menggabungkan transaksi-transaksi yang tidak terhubung satu sama lain. Hal ini membatasi kemampuan orang untuk menentukan pengirim dan penerima uang.

Baca Juga:  Zcash, Cryptocurrency Anonim Berbasis Zero Knowledge Proof

Meskipun demikian, Bitcoin masih menjadi mata uang dengan valuasi tertinggi di antara semua mata uang digital lainnya dan paling banyak diterima di seluruh dunia.

 

Sumber: New Digital Currency Zcash Promises Total Anonymity and Privacy

Sumber gambar: gigazine.net

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: