home Berita IBM Mulai Berinvestasi Pada Teknologi Blockchain

IBM Mulai Berinvestasi Pada Teknologi Blockchain

IBM akan mengumumkan rencananya untuk ikut mengembangkan blockchain, yaitu teknologi ledger terdistribusi yang menjadi landasan utama Bitcoin, demikian menurut Wall Street Journal. Perusahaan ini berharap untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan teknologi yang digadang-gadang sebagai teknologi revolusioner.

CEO IBM Ginni Rometty akan mengumumkan detail rencana perusahaan dalam mengembangkan teknologi tersebut, termasuk rencananya untuk mengujicoba software blockchain milik sendiri pada tahun 2016 ini dan juga kolaborasi IBM alam proyek Hyperledger. IBM menjadi salah satu perusahaan yang telah mengkontribusikan kode sumbernya pada proyek Hyperledger, yang kini dipimpin oleh Linux Foundation, dan akan memangun repositori open source dari kode blockchain yang akan membantu mengatasi permasalahan dalam teknologi yang sudah ada.

Baca Juga:  Rencana Bitcoin Group Memasuki Pasar Saham Tertunda

Proyek Hyperledger adalah usaha kolaboratif yang berfokus pada pengembangan platform terbuka yang akan memberi solusi akan banyak permasalahan lintas industri untuk mempercepat proses bisnis. Teknologi blockchain sendiri merupakan teknologi yang transparan, terdesentralisasi, dan peer-to-peer, yang menjadi solusi ideal di bidang finansial dan area lain seperti manufaktur, perbankan, asuransi, dan Internet of Things.

Garasi IBM

IBM mengatakan bahwa mereka akan membantu pelanggan mereka dalam implementasi teknologi blcokchain, dan 2 konsumen besar mereka yakni London Stock Exchange dan Japan Exchange Group telah mencoba mengembangkan sistem mereka menggunakan teknologi tersebut. Lebih lanjut lagi, IBM berencana untuk membangun “Garasi IBM” di London, New York, Singapura, dan Tokyo agar para konsumen dapat bereksperimen dengan perangkat lunak berbasis blockchain.

Baca Juga:  Warga Venezuela Jual Bitcoin Dengan Harga Murah

Sejak munculnya Bitcoin, para pakar telah melihat potensi blockchain sebagai sebuah inovasi yang dideskripsikan oleh Satoshi Nakamoto sebagai sebuah sistem operasi untuk interaksi, di mana blockchain tersebut memungkinkan 2 entitas untuk mengirim sebuah nilai dengan cara yang akuntabel, terpercaya, dan transparan.

Transaksi yang terjadi akan diverifikasi oleh jaringan, dan tidak dapat diubah dengan sewenang-wenang oleh pihak manapun. Blockchain juga secara dramatis mengurangi ongkos bisnis.

 

Sumber: IBM Bets Big On Blockchain, The Bitcoin Technology That Could Revolutionize Business

Sumber gambar: extremetech.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

One thought on “IBM Mulai Berinvestasi Pada Teknologi Blockchain

Leave a Reply

%d bloggers like this: