home Berita Problematika Investasi Bitcoin

Problematika Investasi Bitcoin

Sistem bitcoin yang membatasi suplai dan menghilangkan inflasi membuatnya dijuluki sebagai “The Digital Gold” alias emas era digital. Harga yang terus meningkat membuat para manajer investasi merekomendasikan untuk menyisihkan sebagian protofolio untuk berinvestasi dalam bitcoin.

Meski bitcoin semakin digandrungi sebagai alat lindung nilai, terdapat beberapa problematika bitcoin yang menghambat orang berinvestasi dalam bitcoin, seperti yang ditulis oleh Bram de Haas, pengamat investasi.

Aturan perpajakan yang rumit

IRS menentukan bahwa bitcoin diperlakukan sebagai aset. Meskipun para investor akan mendapat keuntungan dari pajak yang hanya dibayarkan saat valuasi bitcoin, namun hal ini menghambat perkembangan bitcoin sebagai sebuah sistem mata uang. Sebab, jika bitcoin dipakai sebagai mata uang, maka sang pemilik harus melacak transaksi tersebut secara detail, dan hal ini tentu saja akan merepotkan.

Baca Juga:  Awal Tahun 2017, Harga Bitcoin Tembus $1000

Sulit berinvestasi dalam skala besar

Bitcoin Investment Fund menjual bitcoin dengan harga premium alias lebih mahal dibanding harga pasar. Hal ini membuat para investor mengurungkan niat untuk berinvestasi bitcoin dalam jumlah besar.

Volatilitas sangat tinggi

Harga bitcoin sangat berfluktuasi hingga beberapa persen dalam sehari saja. Meskipun hal ini menimbulkan peluang untuk mendapatkan keuntungan, namun beberapa investor kurang menyukai karakteristik volatilitas ekstrim yang dimiliki oleh bitcoin.

Persaingan mata uang

Bitcoin juga harus bersaing dengan mata uang safe haven alias mata uang yang stabil nilai tukarnya. Bitcoin dengan karakteristik yang independen mesti bersaing dengan mata uang yang dijamin pemerintah. Meskipun beberapa keuntungan dapat diperoleh atas mata uang independen, seperti tidak terpengaruh kebijakan devaluasi pemerintah, namun hal ini juga menimbulkan risiko tersendiri yang harus ditanggung oleh para investor

Baca Juga:  Uber Argentina Kini Terima Bitcoin

Sulit dipahami

Bitcoin merupakan inovasi teknologi yang masih baru. Banyak orang belum memahami sepenuhnya cara kerja bitcoin. Teknologi kriptografi tidak populer di mata orang kebanyakan, sehingga menghambat orang untuk ikut berinvestasi dalam bitcoin.

 

Sumber gambar: cryptocoinsnews.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: