home Berita Royal Bank of Canada Uji Coba Teknologi Blockchain untuk Program Beyond Loyalty

Royal Bank of Canada Uji Coba Teknologi Blockchain untuk Program Beyond Loyalty

Teknologi blockchain bak magnet bagi raksasa-raksasa keuangan, yang memulai pengembangan aplikasi menggunakan blockchain. Kali ini Royal Bank of Canada (RBC), salah satu bank terbesar di Kanada, mengumumkan rencana mereka bereksperimen dengan teknologi blockchain dalam program loyalitas konsumen. Rencana ini menjadi yang pertama dari perbankan yang melibatkan konsumen dalam teknologi blockchain. Meski demikian, RBC juga tidak menutup kemungkinan untuk megembangkan teknologi tersebut untuk aplikasi pasar modal, pembayaran internasional, dan smart contract, demikian menurut Linda Mantia, Executive Vice President untuk Pembayaran Digital dan Kartu.

Blockchain terus berkembang

Mantia juga menyebutkan tentang perkembangan yang terjadi pada blockchain, yang digadang-gadang sebagai teknologi yang memungkinkan munculnya layanan-layanan seperti Amazon, eBay, atau PayPal, dan dengan demikian bank akan menghadapi risiko hilangnya potensi keuntungan jika tidak mulai mengembangkan aplikasi teknologi ini.

Baca Juga:  Blockstream Ingin Tulis Ulang Whitepaper Bitcoin

Program loyalitas bagi konsumen

Meskipun Mantia tidak banyak menyebut tentang detail rencana RBC terhadap rencana program loyalitas berbasis blockchain, namun ia menyatakan bahwa program ini digunakan untuk memperluas penggunaan poin yang dikumpulkan oleh konsumen. RBC tidak akan membatasi konsumen dalam membelanjakan poin loyalitas, dan dapat menyetarakan poin tersebut seperti uang. Di sinilah peran blockchain, di mana opsi pembayaran dapat lebih ditingkatkan operabilitasnya bersama para mitra.

Memulai riset

RBC termasuk salah satu anggota konsorsium R3CEV yang memiliki fokus pengembangan blockchain, namun RBC juga mulai mengembangkan bitcoin secara internal pada divisi pembayaran mereka. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi atas perdagangan global. Bagi mereka, Bitcoin telah menjadi salah satu kisah sukses inovasi pembayaran, inilah yang menimbulkan ketertarikan RBC pada Bitcoin dan juga blockchain.

Baca Juga:  Pemerintah Venezuela Cap Bitcoin Sebagai Mata Uang Kriminal

 

Sumber: Royal Bank of Canada Expands Blockchain Testing Beyond Loyalty

Sumber gambar: filipinojournal.com

 

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

One thought on “Royal Bank of Canada Uji Coba Teknologi Blockchain untuk Program Beyond Loyalty

Leave a Reply

%d bloggers like this: