. . .

Kebijakan Pemerintah India dan China Naikkan Harga Bitcoin

Bitcoin sempat mencatatkan harga tertinggi di pasar global sebesar $755 pada hari Rabu yang lalu setelah mengalami tren kenaikan selama beberapa hari sebelumnya. Meskipun saat ini bitcoin diperdagangkan di harga $732, namun diyakini penurunan harga tersebut tidak akan jatuh di bawah $700. Sementara itu para analis telah mendapatkan jawaban atas penyebab kenaikan harga bitcoin baru-baru ini.

Pemerintah India di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Narendra Modi membuat kebijakan yang kontroversial dengan menghilangkan 2 pecahan mata uang terbesar negara tersebut. Kebijakan ini dibuat untuk mengurangi potensi kecurangan keuangan (korupsi, suap, dll) dan pemalsuan uang. Sebagai gantinya, PM Narendra Modi mendorong industri perbankan untuk menggenjot mata uang digital agar lebih banyak dipakai di negara tersebut. Hal inilah yang justru menarik minat lebih banyak orang India untuk membeli bitcoin di pasar, dan dengan permintaan yang begitu tinggi, harga bitcoin di pasar lokal melonjak hingga selisih $200 dibandingkan pasar global.

Sementara itu Pemerintah China masih melakukan devaluasi atas mata uang Yuan mereka, yang menyebabkan masyarakat justru memindahkan kekayaan mereka keluar dari Yuan ke dalam bentuk bitcoin. Hal ini dilakukan untuk melindungi nilai kekayaan yang mereka kumpulkan. Bitcoin juga terkenal digunakan oleh rakyat China untuk melarikan dana mereka ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.